Minggu, 07 Oktober 2012

BIKIN INVERTER SENDIRI

Apakah inverter itu?
Inverter adalah alat yang dapat merubah tegangan DC 12V menjadi listrik AC bertegangan 220V seperti listrik dari PLN yang biasa kita gunakan sehari hari.
Seandainya kita bepergian menggunakan bus umum, sering kita sering melihat / menonton TV atau video yang diputar dalam bus untuk menemani perjalanan kita menuju suatu tujuan. Nah jika kita perhatikan sistim kelistrikan dalam bus adalah DC 12V sedangkan pada TV yang dibutuhkan adalah AC 220V, sehingga diperlukan perubahan tegangan dari 12V DC ke 220V AC. Alat yang dapat merubah tegangan listrik tersebut adalah INVERTER. Dengan adanya invertier dalam bus Tv, Dvd player, lampu 220V, charger serta alat alat listrik 220 V AC dapat difungsikan.
Selain sebagai pembangkit listrik dalam Bus inverter juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga matahari yang digabungkan dengan panel surya, listrik tenaga air dengan memakai kincir air, selain itu sebagai back up sistim listrik di rumah jika sekali waktu terjadi pemadaman listrik PLN tentu saja listrik yang diperlukan sebelumnya harus tersimpan dahulu dalam aki/baterai.
Sistim pembangkit listrik dengan inverter mempunyai keuntungan dalam mem back up listrik dirumah jika dibandingkan pembangkit dengan GENSET. Yaitu inverter dapat menghasilkan listrik 220 V AC tanpa polusi, tanpa bising.
Di toko maupun di internet banyak beredar yang menjual inverter mulai dari yang berkapasitas kecil hingga yang besar, serta ada yang menghasilkan listrik 1 phase dan 3 phase. Kita dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan. Tentu harganya bervariasi menurtut kapasitasnya.
Nah jika anda menginginkan inverter ini anda dapat membelinya DISINI atau jika kebetulan mempunyai tranformator ( trafo ) bekas dari power amplifier yang masih bagus, dapat anda gunakan sebagai inverter sehingga anda hanya menambahkan sedikit bahan bahan pendukung lainnya seperti transistor dan resistor. Jadinya kan lebih hemattt.. Hitung hitung sambil belajar membuat inverter sendiri.
Untuk rangkaiannya lihat saja dibawah ini.


Untuk Transistor Powernya gunakan Heatsing ( alumunium pendingin ) untuk mereduksi panas yang dihasilkan. Untuk daya 50 W Trafo yang digunakan 5 Amp
Untuk daya 100W trafonya 10Amp. Dengan rangkaian seperti dibawah ini.

Untuk memperkuat lagi  daya  yang dihasilkan dapat dilakukan dengan memperbesar ampere trafo dan penambahan transistor powernya dengan system darlington.
Rangkaian inverter diatas mempunyai kelemahan antara lain :
Fisik besar, effisiensi  rendah ( pemakaian baterai boros), gelombang output yang dihasilkan berbentuk gelombang blok sehingga bila kita gunakan untuk memutar audio player akan terdengar noise. Sementara gelombang listrik yang dihasilkan oleh PLN adalah gelombang sinus.
Namun saat ini dengan kemajuan teknologi telah dapat dihasilkan inverter dengan efisinsi yang tinggi (konsumsi baterai hampir sama dengan pemakaian beban yang digunakan), bentuk gelombang outputnya sinus, bentuknya kecil sehingga mudah untuk dibawa / dipindahkan misalnya akan dipakai di mobil anda atau dibawa camping.
Untuk Inverter yang berkwalitas baik anda bisa melihatnya disini.
Mudah mudahan tulisan ini berguna bagi anda.


Tidak ada komentar: